Cara Agar Kesehatan Baterai iPhone Tidak Menurun [EFEKTIF]

 

Cara Agar Kesehatan Baterai iPhone Tidak Cepat Menurun
Cara Agar Kesehatan Baterai iPhone Tidak Cepat Menurun

Dengan lima cara agar kesehatan baterai iPhone tidak menurun diatas, Anda bisa menjaganya tetap awet. Satu tips penting lainnya adalah isi baterai sampai 50% ketika ingin menyimpan iPhone untuk waktu yang lama.

Battery Health adalah durasi pemakaian penggunaan baterai sebelum di charge. Penting menjaga kesehatan baterai tetap optimal, supaya ponsel bisa dipakai tanpa gangguan. Baik itu baterai lowbatt padahal baru diisi, konsumsi baterai boros, atau tiba-tiba mati sendiri. iPhone memang dikenal dengan komponennya yang berkualitas baik. Meskipun begitu, pengguna harus paham bagaimana cara agar kesehatan baterai iPhone tidak menurun.

Selain karena masa pemakaian yang sudah lama, battery health bisa dipengaruhi oleh kecerobohan pengguna. Kebiasaan sehari-hari yang salah membuat baterai iPhone mudah rusak. Jika tidak ingin mengalaminya, Anda harus menghindari hal itu.

Cara Agar Kesehatan Baterai iPhone Tidak Menurun

Yuk, simak beberapa cara agar kesehatan baterai iPhone tidak turun dibawah.

Memakai Charge Original

Hal pertama yang wajib Anda lakukan untuk mempertahankan kesehatan baterai iPhone adalah mengisi daya dengan charge original. Jangan gunakan charge sembarangan karena input dan outpout dayanya berbeda.

Apalagi ini hp iPhone yang pastinya sangat berbeda dari android. Salah satu kunci baterai awet dan tahan lama adalah selalu memakai charge original.

Agar Kesehatan Baterai iPhone Tidak Menurun Lepas Casing Ketika Pengisian Daya

Karet pelindung atau casing biasanya dipasang untuk menjaga iPhone agar lebih aman ketika terjatuh. Namun, siapa sangka ternyata ini bisa mempengaruhi battery health apabila dibiarkan begitu saja pada saat mengisi daya.

Anda dianjurkan supaya melepas karet pelindung tersebut, karena bisa mengumpulkan suhu panas. Tentu ini tidak boleh dibiarkan agar kesehatan baterai iPhone tidak cepat habis. Ketika Anda mendapati iPhone panas pada saat dicharge, bisa jadi penyebabnya adalah casing.

Lepaskan casing sehingga suhu bisa kembali normal dan tidak panas berlebih.

Hindari Suhu Ekstrim

iPhone didesain khusus untuk penggunaan di suhu 16-22 derajat celcius. Jika suhu udara melebihi dari batas normal, maka komponen didalamnya ikut terpengaruh. Seperti konsumsi baterai yang lebih boros dari biasanya.

Oleh karena itu, pastikan Anda menjaga agar ponsel tidak terpapar sinar matahari langsung. Ketika siang hari yang terik sebisa mungkin jangan memakai ponsel untuk aktivitas berat. Seperti bermain game online, karena sudah pasti ponsel bekerja ekstra keras.

Isi Baterai 80%

Mungkin banyak orang yang bertanya mengapa tidak sampai 100%? Sebenarnya tips ini diperuntukkan bagi Anda yang memakai iPhone secara intens sehari-hari. Seperti kawula muda yang setiap saat bermain game, editing video dan lain sebagainya.

Pemakaian iPhone secara intens bisa meningkatkan suhunya. Begitupun ketika Anda mencharge sampai 100% yang notabennya butuh waktu tidak sebentar. Hal itu dikhawatirkan membuat suhu perangkan menjadi berlebih.

Sebagai alternatifnya Anda bisa mengisi daya sampai 80% saja. Tidak mengapa Anda mencabut chargenya dan memakai kembali iPhone.

Update Software Secara Rutin

Pembaharuan versi OS atau perangkat lunak biasanya diikuti dengan kehadiran fitur-fitur penting. Sebagai contoh pada update versi iOS 13 kemarin, salah satu fitur yang dibawanya adalah iPhone otomatis berhenti mencharge ketika daya mencapai 80%.

Untuk menikmati fitur-fitur yang lebih canggih tersebut, Anda perlu rutin memperbaharui OS. Sehingga kesehatan baterai iPhone tidak mudah habis.

Jangan biarkan dalam kondisi daya dibawah 50% karena lambat laun bisa mempengaruhi battery health didalamnya, apalagi sampai dibiarkan kosong.

Sebagai pengguna Anda bertanggung jawab penuh terhadap kerusakan baterai. Menggunakannya dengan kebiasaan baik sudah seharusnya dilakukan setiap orang.

Dengan lima cara agar kesehatan baterai iPhone tidak menurun diatas, Anda bisa menjaganya tetap awet. Satu tips penting lainnya adalah isi baterai sampai 50% ketika ingin menyimpan iPhone untuk waktu yang lama.