Cara Mengatasi Laptop Tidak Mau Menyala Dengan Mudah

Cara Mengatasi Laptop Tidak Mau Menyala Dengan Mudah dan Tepat
Cara Mengatasi Laptop Tidak Mau Menyala Dengan Mudah dan Tepat

Bagaimana Cara Mengatasi Laptop Tidak Mau Menyala? Bukan rahasia lagi bahwa laptop adalah salah satu perangkat elektronik paling populer selain smartphone. Faktanya, laptop hampir sepenuhnya menggantikan komputer desktop. Apalagi laptop menawarkan kemudahan dan produktivitas. Bayangkan, Anda bisa bekerja dari mana saja menggunakan laptop. Hal ini tentu tidak berlaku jika Anda hanya memiliki PC.

Namun, dari semua kelebihan tersebut ternyata tidak berarti laptop bebas masalah. Sebagian orang mungkin menemukan situasi di mana laptop tidak dapat dihidupkan. Jika hal ini terjadi, tentu sangat menjengkelkan karena Anda jadi tidak bisa bekerja. Tapi tidak perlu bingung, karena pada kesempatan ini kami akan memberikan solusi terbaik untuk Anda.

Cara Mengatasi Laptop Tidak Mau Menyala

Dalam keadaan normal, laptop seharusnya bisa hidup dan melakukan boot saat tombol power ditekan. Akan tetapi laptop yang rusak tidak dapat hidup dengan benar. Pada layar laptop biasanya tidak muncul apapun. Pada sebagian kasus, lampu indikator daya tidak menyala. Bahkan ada pula yang komponen perangkat kerasnya tampak tidak menyala samas sekali.

Akibat dari hal tersebut, maka laptop sama sekali tidak dapat digunakan. Situasi ketika laptop tidak dapat dihidupkan biasanya terjadi pada laptop dengan usia yang sangat tua. Namun, hal itu tidak mutlak karena banyak juga laptop baru yang tidak mau menyala.

Penyebab Laptop Tidak Bisa Menyala

Ada beberapa hal yang umum menjadi penyebab kenapa laptop tidak mau hidup. Beberapa hal tersebut dapat Anda lihat dibawah ini.

  • Adanya kerusakan pada baterai laptop
  • Terjadi masalah pada sistem BIOS
  • Kabel charger laptop terputus
  • Adaptor yang tidak berfungsi

Pada beberapa kesempatan, ada pula laptop yang tidak menyala padahal lampu indikatornya hidup. Nah berikut tindakan yang harus dilakukan jika lampu power menyala, tetapi laptop tidak mau hidup. Simak baik-baik ya!

Pastikan Baterai Laptop Bisa Diisi

Baterai laptop berfungsi sebagai sumber daya utama. Baterai digunakan untuk menyerap energi listrik agar laptop dapat hidup. Jelas bahwa laptop tidak dapat digunakan jika baterainya tidak berfungsi dengan baik atau bahkan rusak.

Oleh karena itu, baterai laptop harus berfungsi dengan baik. Selain itu, baterai harus mampu menyimpan energi listrik agar dapat menghidupkan laptop. Jika kedua syarat tersebut dapat terpenuhi, maka laptop dapat dioperasikan dan digunakan secara normal.

Isi Baterai Laptop (Charge)

Jika menurut Anda baterai akan habis, isi ulang daya baterai dengan segera. Pengisian daya harus dilakukan hingga baterai terisi penuh. Lampu indikator pengisian daya biasanya akan menyala untuk menunjukkan bahwa baterai sedang diisi.

Saat baterai sedang diisi, laptop dapat dihidupkan dan digunakan secara normal. Hal ini dikarenakan laptop langsung menggunakan energi listrik yang didapat dari proses charging.

Pastikan RAM Bersih

Ketika laptop Anda tidak mau menyala, bukan berarti laptop Anda mengalami kerusakan yang serius. Hal tersebut mungkin disebabkan karena modul RAM yang kotor dan sudah berdebu. Meskipun indikator daya laptop menyala, jika kerja modul RAM terganggu, maka laptop biasanya tidak dapat melakukan booting.

Oleh karena itu jika modul RAM pada laptop Anda bermasalah, pastikan untuk segera melakukan langkah-langkah berikut ini.

  • Matikan laptop Anda khususnya ketika sedang digunakan
  • Segera cabut kabel charger dari listrik
  • Baterai laptop harus dilepaskan
  • Kemudian tekan tombol Daya selama beberapa detik
  • Fungsinya untuk mematikan laptop
  • Lepaskan penutup RAM
  • Pada beberapa laptop, melepas penutup RAM mengharuskan untuk melepas seluruh bagian bawah laptop
  • Lepaskan semua modul RAM yang sudah terpasang
  • Anda cukup melepaskan kait pengunci di kedua sisi modul RAM
  • Bersihkan debu dari slot RAM
  • Gunakan sikat kecil yang lembut
  • Anda bisa memakai penghapus karet untuk membersihkan kedua sisi konektor modul RAM
  • Pasang kembali modul RAM dengan benar
  • Pastikan untuk menutup penutup RAM dan bodi laptop seperti semula
  • Nyalakan kembali laptop Anda
  • Selesai

Gunakan Baterai Laptop Baru

Baterai yang rusak adalah salah satu alasan paling umum mengapa laptop tidak mau hidup. Selain itu, masa pakai baterai akan berkurang secara bertahap saat Anda menggunakan laptop. Kerusakan baterai laptop biasanya disebabkan oleh kapasitas daya yang semakin cepat habis.

Secara umum, masa pakai baterai laptop akan berkurang saat laptop semakin sering digunakan. Sebaliknya, menggunakan laptop dengan layak dan sewajarnya akan memperpanjang masa pakai baterai.

Jika Anda memiliki anggaran yang cukup maka Anda dapat mengganti baterainya. Jelas, baterai harus kompatibel dengan laptop yang Anda pakai. Tentunya baik baterai lama maupun baterai baru harus memiliki spesifikasi yang sama.

Beberapa jenis perangkat laptop menggunakan baterai yang dapat dilepas. Baterai jenis ini lebih mudah untuk diganti. Jika laptop Anda menggunakan baterai jenis ini, maka yang harus Anda lakukan hanyalah membeli penggantinya dan segera memasangnya.

Masalanya saat ini banyak sekali model laptop keluaran terbaru dengan model baterai non-removable atau istilahnya adalah baterai tanam. Baterai ini sulit diganti sendiri. Untuk itu, Anda harus membawa laptop ke teknisi laptop ataupun ke service center resmi.

Ganti Adaptor Beserta Kabelnya

Jika tidak dapat mengisi daya, bisa jadi disebabkan karena adaptor laptop mungkin rusak. Seperti diketahui, kabel charger dan adaptor akan mengalirkan arus listrik dari colokan listrik ke baterai laptop.

Adaptor ini akan mengubah voltase yang lebih besar menjadi voltase yang dapat diterima oleh baterai dan komponen perangkat keras laptop Anda. Jika adaptor tidak berfungsi, bisa dibayangkan bahwa laptop tidak dapat mengisi daya.

Masalah kabel pengisi daya atau adaptor dapat dengan mudah dihindari. Jika ada kerusakan, seperti laptop tidak dapat diisi, mengganti kabel charger atau adaptor sangatlah mudah. Cukup beli kabel pengisi daya baru atau adaptor daya yang kompatibel dengan yang sebelumnya.

Kerusakan pada adaptor laptop ini memang sudah umum terjadi. Namun jika terjadi kerusakan pada adaptor, maka efeknya akan sangat mengganggu. Misalnya, baterai tidak dapat diisi ulang dan laptop tidak dapat dihidupkan. Pada akhirnya laptop tidak dapat digunakan.

Jika adaptor laptop Anda rusak, maka Anda harus membawa laptop ke pusat layanan resmi untuk diperbaiki. Umumnya kejadian seperti itu biasanya tidak dapat diatasi oleh sebagian besar pengguna laptop. Atau Anda bisa membelikan adaptor baru.

Demikianlah tadi ulasan tentang bagaimana cara mengatasi laptop tidak mau menyala dengan mudah dan tepat. Gunakan laptop Anda dengan cara yang benar. Pastikan Anda menggunakannya dengan wajar dan tidak berlebihan. Tujuannya agar laptop lebih awet dan tahan lama. Selamat mencoba!