Cara Mengirim Gambar di WhatsApp Agar Tidak Pecah atau Blur

Cara Mengirim Gambar di WhatsApp Agar Tidak Pecah di HP iPhone iOS dan Android
Cara Mengirim Gambar di WhatsApp Agar Tidak Pecah di HP iPhone iOS dan Android

Bagaimana cara mengirim gambar di WhatsApp agar tidak pecah? WhatsApp bukan hanya aplikasi perpesanan biasa. Anda juga dapat menggunakannya untuk berbagi gambar, seperti foto dan video. Nah, aplikasi milik Facebook ini selalu memperkecil ukuran foto dan video yang Anda kirim hingga resolusinya semakin rendah. Jadi, ketika gambar sampai tujuan, tak heran menjadi pecah.

WhatsApp sengaja mengurangi kualitas foto dan video yang dibagikan oleh Anda agar lebih cepat mengirim dan menggunakan lebih sedikit kuota data. Karena itu, setiap kali Anda membuka postingan, resolusi gambar selalu lebih rendah dari yang asli.

Cara Mengirim Gambar di WhatsApp Agar Tidak Pecah

Namun gambar yang pecah tentu tidak nyaman saat dilihat. Apalagi jika ada tulisan atau text pada foto tersebut. Tentu akan sulit untuk terbaca. Oleh karena itu, Anda dapat menyiasatinya dengan mengirimkannya sebagai dokumen. Langkah-langkahnya ditunjukkan di bawah ini.

  • Buka WhatsApp
  • Buka jendela obrolan tempat Anda ingin kirim foto atau video
  • Klik klip kertas di bagian bawah halaman
  • Klik Dokumen
  • Lalu klik Telusuri Dokumen Lain
  • Pilih foto atau video yang ingin Anda kirim
  • Saat Anda klik kirim, gambar akan dikirim dalam ukuran asli
  • Selesai

Perlu diingat bahwa format folder di iPhone berbeda dengan di ponsel Android. Oleh karena itu, pengguna iPhone harus terlebih dahulu mentransfer foto atau video dari aplikasi Foto ke aplikasi File.

Jadi, apa gunanya menggunakan fitur ini? Jelas, biasanya jika Anda melihat layar, maka Anda akan langsung melihat foto atau gambar tersebut. Namun ketika, foto atau video yang Anda kirim berupa dokumen maka Anda tidak dapat melihat isinya secara langsung.

Sebelum Anda dapat melihat foto atau video, mereka harus membuka dokumen tersebut. Sebaliknya, saat Anda mengirim foto atau video biasa, gambar kiriman akan langsung muncul. Ini memungkinkan Anda untuk mengetahui secara instan foto atau video mana yang telah mereka terima.

Pengguna akan lebih mudah mengirimkan foto atau video secara langsung. Namun sekali lagi, kemudahan penggunaan ini merusak gambar karena menjadikan resolusi gambar menjadi lebih rendah.

Jadi, Anda perlu memikirkan bagaimana Anda ingin mengirim foto dan video sehingga Anda tahu apa kelebihan dan kekurangan dari masing-masing cara diatas.

Itulah tadi ulasan kami tentang cara mengirim gambar di WhatsApp agar tidak pecah dengan mudah. Semoga ulasan diatas dapat membantu Anda sehingga ketika mengirim gambar atau foto lewat WA kualitas gambarnya tetap baik dan bisa dilihat dengan jelas. Selamat mencoba!