Parenting

Waspadalah! Kenali Tanda Dehidrasi pada Anak dan Cara Menghindarinya

×

Waspadalah! Kenali Tanda Dehidrasi pada Anak dan Cara Menghindarinya

Sebarkan artikel ini
Tanda Dehidrasi pada Anak dan Cara Menghindarinya
Tanda Dehidrasi pada Anak dan Cara Menghindarinya

Musim kemarau di Indonesia tahun ini diprediksi akan lebih kering dari tahun-tahun sebelumnya, seperti yang diungkapkan oleh Kepala Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG), Dwikorita Karnawati. Situasi ini mengakibatkan berbagai masalah, salah satunya adalah dehidrasi, terutama pada anak-anak.

Dehidrasi terjadi ketika tubuh kehilangan cairan lebih banyak daripada yang masuk. Kondisi ini bisa menyebabkan beberapa gejala, seperti haus, lelah, mulut kering, dan bahkan pusing. Bayi yang mengalami dehidrasi dapat menunjukkan gejala seperti fontanelle di atas kepala yang cekung, serta urin yang lebih gelap.

Untuk mencegah dehidrasi pada anak, dianjurkan agar mereka minum cairan secara teratur saat cuaca panas. Jika anak aktif berolahraga, disarankan untuk minum cairan ekstra sebelumnya, dan kemudian istirahat minum secara teratur setiap 20 menit selama beraktivitas. Jus buah manis atau soda sebaiknya dihindari, karena bisa mengandung lebih dari 8 persen karbohidrat dan sulit diserap oleh tubuh.

Jangan lupa untuk memakaikan pakaian yang sesuai dengan cuaca, hindari pakaian berlapis, dan berikan kain dingin dan basah pada kulit. Jika anak sakit, berikan cairan ekstra atau larutan rehidrasi oral dalam jumlah kecil dan sering, terutama jika anak muntah.

Jika anak sudah mengalami dehidrasi, segera berikan cairan tambahan dan bawa ke dokter jika gejalanya semakin parah. Jangan menunggu terlalu lama karena dehidrasi bisa berdampak buruk pada kesehatan anak.

Sebagai orang tua, penting untuk memahami tanda-tanda dehidrasi dan cara mencegahnya agar anak tetap sehat dan terhindar dari risiko dehidrasi. Selalu pastikan anak memiliki cukup cairan dalam tubuh dan lakukan tindakan yang tepat jika gejala dehidrasi muncul.

Maka dari itu, marilah kita bersama-sama menjaga kesehatan anak-anak kita, terutama di musim kemarau yang kering ini. Ingatlah untuk selalu meminum cairan yang cukup dan hindari terpapar sinar matahari terlalu lama. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda dan keluarga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *